Modelling kerangka ini dimaksudkan untuk membuat kerangka pada tubuh sehingga bentuk tubuh dapat disesuaikan dengan tepat.
This skeleton modeling is intended to make skeleton in robot body so the body of robot can be modeled correctly.
Mulailah dengan membuat mesh baru berupa cube. Lalu extrude cube tersebut terhadap sumbu Z sehingga membentuk batang tubuh utama.
Start with make a new cube mesh, then extrude it parallel to Z axis so it shape like a vertical bar.
Setelah itu buatlah loop-cut pada bagian atas dan bawah dengan menggunakan CTRL + R lalu klik sampai sama dengan gambar dibawah, hal ini dimaksudkan untuk menetapkan posisi tangan dan kaki. Setalah itu buatlah loop-cut ditengah sehingga objek terbagi menjadi 2 sisi, lalu tekan Z untuk melihat objek dalam bentuk wireframe, dan seleksi bagian kanan objek lalu delete vertex.
Then, make a loop-cut on the topside of bar using CTRL + R, (look at the picture below) and make a new loop-cut on the middle-top of bar so the object cut in half, then press the Z button on the keyboard to see the object on the wire-frame shape, select on the right side of object then delete the vertexes.
Tambahkanlah modifier mirror pada objek yang telah dipotong, lalu centang Y agar refleksi yang terbentuk terhadap sumbu y. Lanjutkan dengan seleksi faces bagian atas yang telah di loop-cut lalu extrude terhadap sumbu y sehingga memebentuk tangan dan extrude pula bagian bawah sehingga membentuk kaki, Jika sudah buatlah siku dan lutut dengan menyeleksi edges yang ada pada pertengahan tangan dan kaki. Seperti pada gambar dibawah ini:
Add new mirror modifier to object, and check the Y axis button to make a reflection on the Y axis, then select the top faces that has been loop-cutted before and extrude it parallel on Y axis until it shape like an arm, and extrude the bottom-side too, until it shape like a leg.
Untuk membuat kaki pilih bagian paling bawah kaki, lalu extrude bagian tersebut sehingga membentuk telapak kaki, lalu grab dua vertex paling depan dengan menekan tombol G, lalu geser vertex tersebut sehingga memebentuk segitiga.
To make leg and foot, select the most bottom edge, then extrude that side until it shape like a foot, and grab two vertex using G button on the keyboard, and slide it until shape like triangle.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar