Jumat, 28 November 2014

Desain Robot Dengan Blender 3D [Modelling] (Body)


Modelling menggunakan plane dimaksudkan ntuk membuat badan robot menjadi lebih detail dan dengan metode modelling ini lebih mudah dibandingkan melakukan extrude pada objek.

Modeling using plane is intended to make detailed robot body and with this modeling method is easier than extruding object.

Pertama buatlah objek mesh baru berjenis plane, dengan menekan SHIFT + A pada object mode, lalu pilih plane, kemudian berikan loop-cut secara horizontal dan vertical, kemudian potonglah bagian kanan sehingga terbagi menjadi setengah bagian. Tambahkan modifier mirror dan centang bagian Y sehignga terbentuk refleksi pada sumbu Y. Lalu lakukan extrude sehingga membungkus kerangka badan.

First make new mesh and choose plane, with pressing SHIFT + A on object mode, and then loop-cut horizontally and vertically, and cut the right side until it remain just half-side of plane. Add new mirror modifier and check the Y button and it'll make reflection on right side of object parallel on Y axis. Then extrude the plane until it wrap the skeleton.



Modelling Tangan
Buatlah faces pada bahu robot dengan menyeleksi vertex-vertex yang ada pada bahu dan tekan tombol F untuk membuat faces. Kemudian extrude bagian tersebut sampai memanjang mengikuti bentuk kerangka lengan.

Make faces on shoulder with selecting vertexes and press F button to make faces. Extrude that side until it wrapped the arm skeleton.


 
Untuk membuat telapak tangan lakukan extrude pada faces ujung lengan dan bentuklah seperti telapak tangan pada gambar dibawah ini :

To make hand palm, extrude the faces on edge of arm and  shape it until it look like the image below :




1.4 Modeling Kaki
Tahapannya hampir sama dengan modelling tangan yang membedakan hanyalah bentuknya saja.

The steps is almost same as hand modeling, the difference is the shape.




Modeling Kepala
Buatlah Mesh cube baru pada object mode dengan menggunakan tombol SHIFT + A, lalu pindah ke Edit mode lalu buatlah loop-cut vertical pada bagian kepala dengan menekan CTRL + R  buatlah 3 loop-cut dan posisikan sesuai dengan gambar, pilih loopcut yang ada pada bagian tengah lalu perkecil bagian tersebut sehingga membentuk seperti TV pada gambar dibawah ini :

Make a new cube mesh on object mode using SHIFT + A, then change to edit mode and make new vertical loop-cut on head using CTRL + R and make 3 loop-cut and move it to center of the object so as the picture, select the loop-cut and scale it until it shape like a TV monitor.




   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar