Rabu, 26 Desember 2012

Pelapisan Sosial Dan Kesamaan Derajat (Tugas ISD 3)

Pernah ngga sih, dengar kata orang-orang 'Religius', 'Berpendidikan', dan lainnya. beberapa orang dianggap kaum religius karena mereka diakui oleh masyarakat sebagai kaum yang terlihat sangatlah kental dalam keagamaan. ataupun berpendidikan juga merupakan kaum yang di anggap memiliki suatu kelebihan dalam bidang pendidikan. Dua contoh tersebut adalah contoh dari Pelapisan sosial dalam masyakat.


Dewasa ini kita mengenal beberapa sebutan yang terbentuk dalam masyarakat akibat adanya suatu ciri khas dari kelompok yang terdapat dalam masyarakat, penggolongan ini dapat terbentuk secara di sengaja maupun tidak sengaja.

Pelapisan Sosial, atau pembedaan derajat (kasarnya), merupakan pembedaan suatu kedudukan dalam suatu masyarakat yang di bentuk oleh salah satu faktor yang dominan yang juga menjadi ciri khas dari pada suatu kelompok dalam masyarakat. Berikut beberapa faktor yang dapat membentuk suatu lapisan masyarakat :

1. Ekonomi
Menurut saya ekonomi sudah menjadi hal umum dalam pelapisan masyarakat. Jika suatu kelompok masyarakat memiliki perekonomian yang dapat dibilang 'berlebih', maka hal itu dapat membentuk suatu golongan orang-orang yang umumnya disebut kelompok orang 'kaya' dalam masyarakat, begitu juga orang yang berkecukupan, dan kelompok orang yang dapat dibilang 'kekurangan' dalam bidang ekonomi.

2. Kehormatan
Penggolongan masyatakat dalam hal kehormatan dapat terlihat dari perilaku, pekerjaan, jasa, maupun budaya. Dalam hal ini pembentukan golongan biasanya di bentuk melalui pengakuan oleh masyarakat sekitar golongan. Misalnya saja pada suatu suku pedalaman terdapat keluarga yang disegani oleh masyarakat dalam suku tersebut karena jasa ataupun jabatan yang di pegang oleh kelompok tersebut dalam sukunya.

3. Kekuasaan
Penggolongan masyarakat dalam hal kekuasaan dapat di temukan dalam masyarakat tradisional maupun masyarakat modern. penggolongan ini bisa di pengaruhi oleh jabatan atau kedudukan suatu kelompok dalam peran kekuasaan dalam masyarakat. Misalnya saja anggota DPR, mauoun lembaga pemerintahan yang berlaku di lingkungan masyarakatnya.

Tiga faktor diatas merupakan hal yang sudah sangat umum dalam masyarakat. jadi kita dapat menepukannya dengan mudah dalam kehidupan sehari - hari.

Apakah pelapisan sosial ini di butuhkan oleh masyarakat?

Sebetulnya pelapisan sosial dapat menumbuhkan suatu karakter dari kelompok masyarakat yang dominan, yang dapat menjadi ciri khas suatu daerah yang ditempati oleh masyarakat tersebut. Hal ini merupakan sebuah keuntungan dari penggolongan masyarakat.Namun ada keuntungan pasti ada juga kerugiannya. Salah satunya adalah adanya diskriminasi dari kaum yang dominan terhadap kaum minoritas yang sama-sama tinggal di daerah tersebut.

Salah satu solusi dari masalah diskriminasi yang terjadi pada masyarakat adalah dengan adanya Persamaan derajat. Kesamaan derajat dalam kehidupan bermasyarakat, dapat di tumbuhkan dengan adanya saling menghargai antar golongan. Sehingga diskriminasi tidak terjadi dalam masyarakat. 

Jadi sebenarnya tidak ada masalah dalam penggolongan masyarakat jika dalam masyarakat tersebut sudah ditumbuhi rasa saling menghargai satu sama lain.


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Stratifikasi_sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar