Rabu, 26 Desember 2012

IPTEK dan Kemiskinan (Tugas ISD 4)

Ilmu pengetahuan merupakan hal yang patut diperoleh masyarakat, Ilmu juga merupakan salah satu peningkat kualitas dari sumber daya manusia. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh secara formal maupun informal. Perkembangan IPTEK di dunia sangatlah cepat, dengan di mulainya era globalisasi, batasan kita untuk memperoleh informasi sangatlah sedikit. Misalnya saja dengan internet kita dapat mengetahui peristiwa yang terjadi di manca negara dengan hitungan detik. 

Namun, perkembangan IPTEK di Indonesia menurut saya lambat. karena kurangnya sosialisasi dalam penggunakan teknologi secara efektif. Sarana Ilmu pengetahuan di Indonesia juga 'tidak kelihatan' perbembanganya. Walaupun begitu kita masih memiliki sumber daya manusia yang dapat bersaing di manca negara. itulah salah satu kebanggaan saya sebagai warga Indonesia. 

Pertanyaannya adalah: Apakah sekarang ilmu pengetahuan dapat diperoleh semua golongan masyarakat? 

Jawabanya adalah belum, mengapa begitu?

Berikut kutipan dari perhitungan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik bulan Mei 2012, dinyatakan :
"Jumlah penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2012 mencapai 29,13 juta orang (11,96 persen)".

Dengan jumlah penduduk miskin di Indonesia yang cukup besar dan biaya pendidikan formal yang memang cukup 'tinggi' bagi golongan masyarakat miskin, membuat golongan masyarakat ini belum dapat memperoleh pendidikan yang layak. Walaupun pemerintah Indonesia telah mengadakan bermacam - macam proyek pendidikan, namun sayangnya proyek ini belum juga mampu, memenuhi kebutuhan pendidikan dalam masyarakat Indonesia.

Memang ironis keadaan di Indonesia ini, padahal pendidikan itu sangatlah penting, namun apadaya jika keadaan ekonomi yang mendesak membuat penduduk miskin di Indonesia terpaksa berkerja untuk hidup tanpa memperoleh pendidikan sama sekali.Hal ini membuat perkembangan IPTEK dalam negeri melambat.

Saya berharap di masa yang akan datang beberapa Sekolah dan Universitas di Indonesia dapat menerima masyarakat golongan tersebut secara layak, sehingga golongan tersebut memperoleh pendidikan yang setara. Dengan pendidikan yang setara, perkembangan IPTEK kita dapat berkembang dengan pesat.



Sumber :
http://www.bps.go.id/?news=940
http://www.okezone.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar