Kamis, 08 Oktober 2015

TUGAS SOFTSKILL 1 - SEO & e-Commerce

SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan suatu cara atau teknik untuk mengoptimasi atau membuat situs atau blog yang kita miliki berada pada halaman/posisi pertama pada mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo. Bagi seseorang yang sudah memiliki website, SEO merupakan salah satu teknik yang harus diapahami dan dikuasai.

Untuk meningkatkan SEO pada website, para pemilik website dapat melakukannya dengan cara follow up.

Keuntungan melakukan SEO

Banyak keuntungan yang didapatkan oleh pemilik web dari melakukan SEO, diantaranya :

1.      Mendatangkan Traffic yang Banyak

2.      Meningkatkan Penjualan

Bagi situs yang bergerak di bidang online shop, peningkatan SEO merupakan hal yang sangat mempengaruhi peningkatan angka penjualan. Semakin banyak orang yang mengetikkan keyword pada search engine sesuai dengan barang yang dijual pada web tersebut kemudian website tersebut rangking 1, maka  sudah dipastikan website tersebut mendapat peningkatan hasil penjualan sebesar 95% dari teknik SEO tersebut. Rangking disini adalah rangking website yang merupakan posisi penampilan website pada halaman search engine.

3.      Meningkatkan daya saing

Semakin tinggi posisi suatu web pada halaman search engine maka seamkin tinggi juga daya saingnya.

4.      Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Brand awareness merupakan kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk menganli sebuah merk. Semakin terkenal sebuah merk akan kemungkinan intensitas penjualan juga semakin besar. Ketikan pengguna internet mencari informasi melalu Google dan menemukan informasi bermanfaat di website anda, maka kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website anda.

Dan masih banyak keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dari teknik SEO ini. Lalu apa saja yang dilakukan dalam kegiatan SEO ini? Didalam strategi SEO, ada 2 hal penting yang harus dikerjakan yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasan di bawah ini:

1.      SEO On Page

SEO On Page merupakan sebuah upaya optimsi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website dengan cara mendesign website yang SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:

-           Riset keywords untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.

-          Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat

-          Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten

-          Menambahkan description yang relevan dengan website

-          Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens

-          Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly

-          Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)

-          Mengatur navigasi website sebaik mungkin

-          Membangun internal links

-          Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image

2.      SEO Off Page

SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:

-          Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)

-          Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)

-          Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)

-          Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)

-          Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)

-          Links dari website yang menerima guest blogger

Pada SEO Off Page diatas terdapat satu istilah yaitu backlink, apa itu backlink? Backlink merupakan link dari halaman situs kta yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai Page Ranking yang tinggi. Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain. Oleh karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang memiliki Page Ranking tinggi.

Cara Melakukan SEO


Berikut ini adalah 8 langkah yang wajib dilakukan untuk mengoptimalkan SEO sebuah website:

1. Riset Kata Kunci

Ketika anda akan membuat sebuah website untuk bisnis anda, tentunya anda tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan.

2. Gunakan Domain Berisi Kata Kunci

Setelah update algoritma penguin yang lalu beberapa orang mengatakan bahwa keywords on domain adalah sesuatu yang buruk karena bisa dianggap SPAM oleh search engine. Saya bukan master SEO atau punya keahlian super di dunia SEO, tapi saya cukup mengerti bahwa di dunia online marketing banyak orang mengatakan hal-hal yang tidak pasti seolah mereka yang paling mengerti banyak hal tentang SEO.

3. Gunakan Platform Yang Tepat Untuk Website Anda

Sebenarnya tidak masalah mau membangun situs anda dengan menggunakan platform yang anda sukai.

4. Gunakan Permalinks Yang Baik

Pastikan setiap permalink postingan anda berisi judul postingan karenan permalinks yang baik sangat membantu dalam kegiatan seo anda.

5. Plugins SEO

Seperti saya katakan sebelumnya, kelebihan WordPress adalah dapat diinstal plugins pendukung yang dapat membantu SEO situs antara lain :
– Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack
– Google XML Sitemaps
– SEO Friendly Images
– Dan lain-lain (akan dibahas dipostingan berikutnya)

6. Konten Berkualitas

Ada beberapa perdebatan tentang konten berkualitas itu seperti apa, ada yang bilang “artikelnya minimal 500 kata”, dan ada yang bilang “artikelnya minimal 700 kata”, faktanya adalah tidak ada yang lebih baik dari sebuah konten yang original. Buatlah konten untuk pembaca anda, buatlah bagaimana agar pembaca anda ingin membaca semua konten anda terus menerus. Seperti yang sudah disampaikan oleh pihak google sendiri bahwa konten adalah RAJA, maka sebaiknya anda tetap mengupdate website anda dengan konten yang original dan menarik bagi pembaca anda.

7. Gunakan Social Media

Bagi pemilik situs, memiliki akun twitter dan facebook adalah sebuah keharusan. Social media ini tidak hanya akan membantu SEO website anda, tapi juga akan menambah pengunjung ke website anda.

8. Membangun Backlinks

Algoritma search engine akan selalu berubah dari waktu ke waktu, namun hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlinks. Hal penting yang harus tetap kita perhatikan ketika membangun backlinks untuk sebuah situs adalah membangun backlinks yang berkualitas.


 e-Commerce


Definisi

Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.


Jenis


1. Iklan Baris, merupakan salah satu bentuk e-commerce yang tergolong sederhana, bisa dianggap sebagai evolusi dari iklan baris yang biasanya ditemui di koran-koran ke dalam dunia online. Penjual yang menggunakan social media atau forum untuk beriklan, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan. Namun penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung untuk bertransaksi. Contoh iklan baris: OLX.co.id (sebelumnya Tokobagus), Berniaga, dan FJB-Kaskus.


2. Retail, merupakan jenis e-commerce yang dimana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk. Contoh retail: Berrybenzka, Zalora, dan Lazada.


3. Marketplace, bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan. Marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Jadi setiap terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.


Manfaat

Manfaat dari e-Commerce menurut saya adalah :


1. Bertambah cepat dan mudahnya transaksi jual/beli

2. Mengurangi biaya pembelian ruangan / lapak.

3. Mengurangi masalah order-cycle


REFERENSI


https://www.maxmanroe.com/8-langkah-sederhana-untuk-memaksimalkan-seo-sebuah-website.html

http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/

http://mymella.blogspot.co.id/2015/05/seo.html

https://vier2cha.wordpress.com/definisi-manfaat-e-commerce/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar