Selasa, 29 Januari 2013

Face

Banyak yang bertanya kepada saya, akhir-akhir ini. Maksud topeng itu apa? Mau jadi anon ya? payah. padahal saya pakai topeng ini karena saya penggemar film V for Vendetta, itu saja alasan saya, ngga ada yang lain.


Saya mengagumi karakter V ketika pertama kali film V for Vendetta ditayangkan di TV, kekaguman saya muncul dari cara ia membangunkan Eve Hammond dengan cara membunuh ketakutanya terhadap kematian terlebih dahulu. Lalu dengan rencana V untuk menghancurkan gedung parlemen, dengan mengorbankan hidupnya untuk rakyat yang tidak dapat melihat kebenaran karena tertutup oleh besarnya gedung parlemen yang menjadi lambang dari government yang penuh dengan korupsi dan konspirasi.

Dekonstruksi, itulah intinya. Chaos yang dibuat V mampu menginspirasi rakyat agar kritis terhadap government, berbuat anarkis terhadap government, agar kita dapat melihat kebenaran yang ditutupi oleh government.

Itulah mengapa saya memakai topeng ini, Government menyimbolkan dirinya dengan gedung-gedung yang besar dan mewah, Yang terkadang terlalu besar sampai-sampai kita tak dapat melihat kebenaran didalamnya. Saya menyimbolkan diri saya dengan topeng ini, topeng sederhana berbahan plastik pvc yang sudah usang dengan makna anarkis, dan inspiratif bagi diri saya.

V menghancurkan gedung government, layaknya ia membuka kotak pandora. ya, melepaskan semua kejahatan didalamnya dan meninggalkan sebuah harapan.

Namun apakah saya akan berbuat seperti V?
kamipun tak tahu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar